Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » JUAL KALIGRAFI ARAB BISMILLAH | ASAL USUL KALIGRAFI ARAB

JUAL KALIGRAFI ARAB BISMILLAH | ASAL USUL KALIGRAFI ARAB

Diposting pada 7 Mei 2017 oleh grosirkaligrafi

Jual Kaligrafi Arab Bismillah

Kami menjual Kaligrafi Arab Bismillah. Kaligrafi kami berkualitas premium. Walaupun kaligrafi arab bismillah kami bermutu tinggi tetapi tetap kami jual dengan harga murah. Apalagi Jika Anda membeli dengan cara grosir (jumlah tertentu) pasti harganya lebih murah lagi. Kami memberikan harga murah agar kaligrafi kami laku keras dan sambil beramal. Jika laku keras, walaupun laba sedikit Insyaallah juga bisa terkumpul banyak.

Para Ilmuwan dan ahli ilmu pengetahuan dan teknologi di Arab menyatkan, bahwa Nabi Adam As-adalah termasuk salah satu orang  yang pertama kali memperkenalkan seni kaligrafi. Ilmu pengetahuan kaligrafi yang menyatakan bahwa Nabi Adam merupakan orang pertama kali yang memperkenalkan adanya seni kaligrafi arab yaitu dapat dilihat dari firman Allah SWT, sebagaiman tertuang didalam di dalam surat al-Baqarah ayat 31: “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama seluruhya…“

Cerita didalam berbagai agama menyampaikan sebagaimana yang di contohkan, bahwa banyak sekali orang yang mempercayai bahasa atau sistem tulisan bermula dari dewa-dewa dari Tuhan dari Alam Ghaib.

Muncul berbagai perkiraan baru yang menerangkan tentang asal-usul dan sejarah dari seni tulisan indah atau kaligrafi arab yang diawali dari pemikiran dan ide  bahwa “menggambar” atau “melukis” dengan menggunakan sarana  alat lukisan atau dengan dipahat atau dicoretkan pada benda-benda tertentu seperti daun, pelepah, kulit, kayu, pasir, batu dan lain-lain.

Asal Usul Kaligrafi Arab

Asal mula terjadinya seni tulisan kaligrafi dimaksud berdasarkan pada gambar-gambar. Kaligrafi arab Mesir Kuno yang disebut dengan istilah Hieroglyph berkembang menjadi sebutan atau nama Hieratik, yang akhirnya banyak dipergunakan pendeta-pendeta Mesir sebagai keperluan keagamaan.

Dari seni huruf Hieratik muncul seni huruf Demotik yang dipergunakan oleh semua kalangan atau semua rakyat umum selama ribuan  tahun.9. seni Tulisan galigrafi yang ditemukan di tahun 3200 SM di sekitar lembah Nil ini bentuknya tidak berupa kata-kata terputus seperti tulisan paku,10 tetapi disederhanakan dalam bentuk-bentuk gambar sebagai simbol-simbol pokok tulisan yang mengandung isyarat pengertian yang dimaksud atau mengandung suatu arti yang tersirat didalamnya. Seni Kaligrafi

model ini diduga sebagai awal terjadinya atau sebagai cikal bakal munculnya seni kaligrafi arab

Kaligrafi arab masuk  di Indonesia sejak mulai abad ke tiga belas (13) yakni setelah Islam berkembang di Nusantara

Perpaduan antara seni tulisan kaligrafi Islam dengan seni tulisan kaligrafi tradisional Indonesia menjadi temuan model kaligrafi tersendiri yang akhirnya muncul model baru.

Seni Kaligrafi di Indonesia dimana pertama kali dikenalkan yaitu  dikenalkan di kalangan keluarga besar istana kemudian berangsur-angsur dikembangkan dan menyebar ke seluruh masyarakat sehingga sampai sekarang sudah memasyarakat bahkan sudah tidak ada perbedaan antara methode yang diajarkan di kalangan istana maupun dikalangan masyarakat.

Huruf kaligrafi yang dikenal sekarang terdiri dari macam-macam huruf diantaranya huruf Hijaiyah (Arab), huruf Latin, huruf China, huruf Jepang, huruf India, huruf Sansekerta maupun huruf Jawa, dan banyak sekali tergantung dimana kaligrafi dikembangkan berarti disitu terdapat methode kaligrafi.

Sebagai sebuah seni tulis kaligrafi Arab yang bernilai seni tinggi dan terlihat mewah, kaligrafi Arab dikembagkan dengan memiliki semacam standar atau aturan dan teknik khusus yang diberlakukan dalam cara dan teknik penulisannya. selanjutnya, terdapat pula standart atau aturan-aturan yang diperuntukkan dalam menentukan atau pemilihan warna, bahan tulisan, medium, hingga jenis pena maupun sarana prasaran yang dibutuhkan. Secara teknis, seni kaligrafi tulisan Arab juga sangat bergantung kepada prinsip geometri dan aturan tentang keseimbangan. Aturan keseimbangan yang dimaksud secara fundamental didukung oleh huruf alif dan titik yang menjadi penanda dan pembeda bagi beberapa huruf Arab.

Meskipun  dalam perkembangannya muncul berbagai bentuk, model dan gaya penulisan kaligrafi, namun tidak semua gaya model dan bentuk yang dimaksud tersebut bertahan hingga saat ini. Setidaknya sampai saat ini ada  sembilan gaya seni penulisan kaligrafi yang populer yang dikenal oleh para pecinta seni kaligrafi  yakni : Seni kaligrafi KUFI, Seni kaligrafi TSULUTS, Seni kaligrafi NASAKH, Seni kaligrafi NASKHI, Seni kaligrafi IJAZAH (Rihani), Seni kaligrafi RIQ’AH, Seni kaligrafi DIWANI, dan Seni kaligrafi DIWANI JALI.

Seni tulisan Kaligrafi merupakan seni menulis rapi dan indah, atau model huruf  yang sudah dibentuk dengan memperhitungkan seni keindahan yang terdapat pada bentuk-bentuk huruf yang telah dimodifikasi atau digayakan dalam seni kaligrafi sehingga mempunyai nilai estetika yang tinggi. Dalam kebudayaan Islam seni kaligrafi bahasa Arab merupakan salah satu bentuk keindahan Alquran disebut seni Khath.

Seni tulisan atau lukisan kaligrafi islam mempunyai gaya dan model tersendiri diantaranya macamnya yaitu Kufi, Tsuluts, Nasakh atau Naskhi,Ta’liq/Farisi,Ijazah (Raihani), Riq’ah, Diwani, Diwani Jali, Moala demikian juga setiap negara dengan jenis dan model huruf yang berbeda mempunya seni tulisan kaligrafi yang sesuai dengan gaya di masing-masing negara.

Demikian tulisan tentang asal muasal terjadinya kaligrafi arab dari sisi methode dan teknis penulisan, yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatian dan berkenannya untuk membaca artikel ini, mohon maaf manakala ada khilaf kesalahan, selanjutnya mohon koreksi

Jiki ingin membeli Kaligrafi Arab silakan hubungi H. Imam 0853 3515 4999

 

Pencarian dari Google:

Bagikan informasi tentang JUAL KALIGRAFI ARAB BISMILLAH | ASAL USUL KALIGRAFI ARAB kepada teman atau kerabat Anda.

JUAL KALIGRAFI ARAB BISMILLAH | ASAL USUL KALIGRAFI ARAB | Grosir Kaligrafi

Belum ada komentar untuk JUAL KALIGRAFI ARAB BISMILLAH | ASAL USUL KALIGRAFI ARAB

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan